Kurikulum Kemandirian dan Pendewasaaan

Tujuan Kompetensi Sekolah Alam Tangerang


RESPONSIBLE NATURAL SHEPHERD

Membentuk pribadi yang mampu menjadi gembala alam yang bertanggung jawab kepada Allah (Khalifatullah fil-ardh) karena kematangan dan kedewasaannya, berbekal sikap hidup yang harmonis terhadap alam, dan bertekad menjadi rahmat bagi alam semesta.


Responsible

Aqil-baligh, mukallaf, memiliki life-skill & entrepreneurship


Natural

Bumi, alam semesta, alami, meng-alam-i, rahmatan lil-alamin


Shepherd

Gembala, pemimpin, profetik, ing-madyo, tut-wuri, harmonis, mothership leader


Jenjang Pencapaian Kompetensi

Pada setiap kelasnya, siswa Sekolah Alam Tangerang ditargetkan mencapai jenjang kompetensi tertentu. Ditandai penguasaan kecakapan yang telah  ditentukan. Sebagai berikut ;


Jenjang Pencapaian Kompetensi

Setiap siswa yang lulus dari Sekolah Alam Tangerang di setiap tingkatannya diharapkan mempunyai kompetensi sikap dasar, pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut:

Sikap Dasar

  Cinta Cinta Allah SWT, Rasulullah SAW 
        dan  Al Qur’an

  Jujur

  Bertanggungjawab

  Tabah

  Sederhana

  Berani

Pemanfaatan Pengetahuan

  Kritis

  Kreatif

  Kontributif

  Solutif

Keterampilan Memimpin

  Mandiri

  Peduli

  Kerjasama

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Alam Tangerang adalah pendekatan student center atau berpusat pada siswa. Dimana pada pendekatan jenis ini guru melakukan pendekatan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Atas pengalaman yang diperoleh masing-masing siswa, guru kemudian melakukan observasi dan menemukan fakta-fakta. Hal tersebut dijadikan bahan untuk menganalisa tahapan perkembangan setiap siswa sehingga bisa menyusun pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.


Play The Video

Materi Pembelajaran

Ada tujuh domain pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Alam Tangerang yaitu :

Domain pembelajaran ini disesuaikan dengan tahap perkembangan setiap siswa dan menjadi acuan untuk perancangan materi pembelajaran.

Dalam penyusunan materi, pendekatan pembelajaran dirancang dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa atau yang disebut sebagai pembelajaran kontekstual.

  Domain Keislaman                     Domain Bahasa

  Domain Estetik                          Domain Fisik

  Domain Afeksi                           Domain Sosial    

 Domain Kognisi

Melalui pendekatan kontekstual diharapkan hasil belajar dapat lebih bermakna bagi siswa, karena siswa dapat mengaplikasikan hasil belajarnya dalam kehidupan mereka dalam jangka panjang.

Metodologi Pembelajaran

Secara umum pembelajaran dilakukan melalui pendekatan Integrated Heart-head Sign-based Experien al Learning. Atau pembelajaran pengalaman atas tanda-tanda kekuasaan Allah melalui dzikir dan fikir.

Pendekatan ini dilakukan melalui metode :


  Asah kepekaan                       Pendalaman                                          (Sensitization)                            (Contemplation)

  Pelibatan                                Pemaknaan & Penilaian
     (Interaction)                                (Meaning & valuing)    

  Membaca Isyarat Alam            Pengembangan
     (Sign-reading)                              (Transformation)

  Penafsiran                               Peng-aku-an
      (Interpretation)                           (Internalization)

 Penghayatan                            Peng-alam-an
      (Reflection)                                 (Experience)    


Keseluruhan metode ini akan dilaksanakan melalui teknik :

  Penjelajahan lingkungan             Penugasan

  Diskusi                                         Presentasi Audio-visual

  Bercerita                                      Permainan

  Ceramah

Pendekatan Talents Mapping

Selain itu, keistimewaan dari kurikulum Sekolah Alam Tangerang adalah pendekatan talents mapping dalam pembelajarannya. Siswa distimulasi dengan beragam aktivas yang dilakukan berulang-ulang dan bertemu dengan banyak orang, sehingga ditemukan bakatnya.

Ada 114 aktivitas produktif dalam talents mapping yang menjadi pendekatan pembelajaran di Sekolah Alam Tangerang. Melalui 114 aktivitas produktif ini, guru melakukan observasi lanjutan sehingga menemukan 34 sifat produktifnya dan 30 kekuatan dominan yang dimiliki oleh setiap anak (ST-30).

Penilaian dan Pelaporan

Penilaian secara observasi kami lakukan hingga ditemukan fakta-fakta yang menjadi rekomendasi tahapan perkembangannya, selain itu juga dapat menemukan bakatnya.

Laporan hasil pembelajan yang diberikan kepada orang tua diantaranya:
  • Rapor Perkembangan Anak (berisi perkembangan anak sesuai tahapan perkembangan usianya


  • Rapor Bakat (Berisi hasil observasi dari kekuatan dan bakat yang muncul selama satu semester)


  • Rapor K13 (Raport yang mengacu pada kurikulum 2013)

Kurikulum Darurat Pandemi

  Selama masa pandemi, kegiatan disinergikan dengan kegiatan
        di rumah.

  Kerangka proses pembelajaran disusun oleh mentor (sebutan guru
        di SAT), dan didiskusikan bersama dengan orang tua.

  Selanjutnya mentor membuat modul berdasarkan hasil diskusi
        bersama orang tua. Modul ini adalah panduan bagi anak dan orang
        tua dalam melakukan pembelajaran.

  Dalam proses penyusunan modul dan tema, mentor tetap mengacu
        pada 7 domain yang tentunya disesuaikan dengan masa pandemi.

  Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (pendampingan
        mentor) dan luring (pendampingan orang tua).

  Jumlah jam daring mengacu pada rekomendasi kesehatan

Tautan permainan (games) Protokol Kesehatan :

http://bit.ly/latihanprokes