Kesinambungan Pendidikan Sekolah Alam Tangerang

Pendekatan Talents Mapping

Untuk menemukan bakat anak, diperlukan beragam aktivas yang dilakukan berulang-ulang dan bertemu dengan banyak orang. Untuk itu ada 114 aktivitas produktif dalam talents mapping yang menjadi pendekatan pembelajaran di Sekolah Alam Tangerang.


Melalui 114 aktivitas produktif, guru melakukan observasi lanjutan sehingga menemukan 34 sifat produktifnya dan 30 kekuatan dominan yang dimiliki oleh setiap anak (ST-30).

Sekolah Kolaborasi

Pendidikan Kemandirian dan Pendewasaan adalah hasil dari sinergi pola asuh antara orang tua dirumah, guru di sekolah dan guru di lingkungan kehidupan. Ketiganya perlu sinergi agar mampu bergerak bersama.

Scope yang merupakan singkatan dari School Of Co Parenting Education lahir dengan dilatarbelakangi tentang perlunya persamaan persepsi dalam pendidikan anak serta membangun pola kerjasama antara rumah dan sekolah.

Sekolah Alam Tangerang, sejak tahun 2010 yang lalu menggulirkan program parenthood yang dinamakan Scope.

 

Scope bertujuan untuk sharing pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak anak untuk siap aqil seiring dengan baligh. Didalam acara Scope, para guru menjelaskan serta mensimulasikan pola yang diterapkan disekolah, orang tua juga sharing mengenai pendidikan yang diterapkan di rumah. Selain itu para guru dan orang tua juga belajar bersama dari para ahli pendidikan guna diterapkan dalam pola pendidikan yang sesuai dengan fitrah anak.

Scope dilaksanakan selama 8 kali pertemuan dalam satu tahun pembelajaran. Orang tua Sekolah Alam Tangerang wajib untuk mengikuti Scope 1 dan 2. Scope 1 membahas tentang program pendidikan Kemandirian dan Pendewasaan. Scope dua membahas tentang bagaimana menyusun program untuk mempersiapkan anak-anak siap untuk mandiri dan dewasa.

Scope adalah program wajib yang harus diikuti oleh setiap orang tua sebagai komitmen kerjasama dalam pendidikan anak. Scope wajib dihadiri oleh ayah dan ibu, karena keberhasilan dalam pendidikan aqil baligh salah satunya ditentukan oleh kesamaan pandangan dalam pola asuh baik dirumah maupun disekolah.

Kurikulum Kemandirian dan Pendewasaan

Target Kompetensi Sekolah Alam Tangerang, “The Responsible Natural Shepherd” adalah pribadi yang karena kematangan dan kedewasaannya mampu menjadi gembala alam yang bertanggung jawab kepada Allah (Khalifatullah fil-ardh), berbekal sikap hidup yang harmonis terhadap alam dan tekad untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.

Pribadi yang matang dan dewasa adalah pribadi yang selaras antara usia dengan kematangan kedewasaan yang mampu membedakan mana benar dan mana salah dan siap menanggung konsekuensi atas setiap yang dilakukan dan siap bertanggung jawab kepada Allah SWT. Mampu menjadi gembala adalah gambaran kepemimpinan yang bukan hanya memimpin, kepemimpinan “imamah”. Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri andayani – di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan.

Dengan sikap harmonis menjadikan alam bukan sekedar untuk dieksplorasi namun juga melakukan konservasi, menjadikan alam sebagai sahabat untuk mendewasakan diri. Menjadi inisiator dalam berbagai kebaikan kebaikan yang dirasakan bukan hanya oleh manusia namun juga oleh seluruh makhluk hidup.

 

Penerapan Kurikulum

Penerapan kurikulum ini tidak akan mungkin bisa dilaksanakan tanpa peran orang tua sebagai pendidik sejati. 

 

Guru disekolah adalah partner orang tua dalam mendidik anak anak. Kami bekerjasama merancang dan melaksanakan berbagai program untuk menstimulasi agar aqil muncul seiring dengan balighnya. Melalui program Sekolah Kolaborasi, kami bersinergi untuk mewujudkan generasi Mandiri dan Matang secara Kedewasaan.

Pembelajaran Terpadu

Sekolah Alam Tangerang menerapkan model pembelajaran terpadu yang berfokus pada pengembangan perkembangan kemampuan setiap siswa secara optimal. Melalui pembelajaran terpadu ini setiap siswa akan mendapatkan pengalaman secara langsung dalam proses belajarnya. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan siswa tentang hal-hal yang dipelajarinya.

Pembelajaran Individu

Setiap rencana pengajaran dirancang untuk mengakomodasi keunikan setiap peserta didik.