Tentang Kami

Berdirinya Sekolah Alam Tangerang di awali dengan TK Tunas Robbani pada tahun 2006 yang dirintis oleh Tik Santikasari Dewi (Bunda Tik) sejak tahun 2004. Kemudian pada tahun 2008 ia mendirikan Sekolah Alam Tangerang (SAT) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan mendirikan sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan nama Surau Merantau (SM) pada tahun 2017.

Sekolah Alam Tangerang menstimulasi Kemandirian anak sejak dini, dan mencetak generasi aqil baligh calon pemimpin bangsa."

Tik Santikasari Dewi
Direktur Sekolah Alam Tangerang

Ketertarikannya terhadap dunia pendidikan diawali dari masalah yang dihadapi ketika anak sulungnya mulai bersekolah di Taman Kanak-kanak. Banyak hal yang membuatnya gelisah terutama mengenai beban akademik anak-anak TK yang menurutnya terlalu berat. Bunda Tik kemudian mulai mencari alternatif sekolah lain yang memandang pendidikan anak secara lebih komprehensif. Akan tetapi saat itu tidak ada sekolah yang menurutnya sesuai dengan harapannya. Bunda Tik kemudian memutuskan untuk mendirikan sekolah Taman Kanak-Kanak sendiri, minimal untuk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak keduanya.

Ketika anak sulungnya menginjak kelas 3 SD, Bunda Tik semakin melihat betapa beratnya beban akademik yang harus dipikul seorang anak kelas 3 SD. Lagi-lagi Bunda Tik merasa bukan seperti ini sekolah yang semestinya. Ia pun kemudian bertekad mendirikan sekolah dasar yang sesuai dengan fitrah seorang anak.

Mengutip isi buku karangan Harry Santosa tentang “Fitrah Based Education” bahwa setiap anak memang akan berkembang dari potensi yang Allah berikan dan akan berkembang sesuai syakillah (bakat)-nya, Bunda Tik sudah menerapkan hal ini dalam sistem pengajaran di SAT.

 

Di SAT anak diperlakukan secara khusus satu per satu. Ada pembelajaran yang sifatnya klasikal/umum dan ada pembelajaran dimana guru harus menangani atau memperlakukan anak secara khusus satu per satu (individual program). Dalam hal ini kefitrahannya dihargai dan dihormati. Bagi Bunda Tik, sekolah yang baik itu adalah sekolah yang memuliakan anak dan memandang anak sebagai subjek, bukan sebaliknya. Guru hanyalah sebagai fasilitator dan menstimulasi anak-anak agar dapat mengembangkan potensi dari dirinya.

VISI
Mewujudkan suatu ekosistem bagi matangnya generasi harmoni
MISI
Berakhlak mulia dan mandiri serta tumbuh dan berkembang sesuai tahap perkembangannya
Scroll to Top